IMF Menyarankan Tiongkok Untuk Menerapkan Nilai Tukar Mengambang Yuan



( 2016-09-28 08:21:14 )

Dalam sebuah laporan pada hari Selasa, Dana Moneter Internasional mengatakan jika Tiongkok memerlukan merubah rezim keuangan untuk mengurangi kemungkinan “spillovers” ke seluruh dunia. Meningatkan kembali salah langkah kebijakan masa lalu Beijing – dari kekalahan pasar saham musim panas lalu untuk pudarnya nilai tukar Yuan yang telah mengguncang pasar global – IMF mengatakan dalam sebuah laporan bahwa nilai tukar yang lebih mengambang bebas, mekanisme yang transparan untuk sinyal kebijakan perubahan dan sistem untuk melawan kerentanan, semua dibutuhkan untuk Tiongkok.

Nilai tukar mengambang merupakan sitem di mana nilai tukar mata uang domestik diambangkan terhadap nilai mata uang asing atau sesuai dengan pergerakan pasar dimana terjadinya kurs valuta berdasarkan pada permintaan dan penawaran mata uang asing. Dengan sistem ini penentuan kurs valas di bursa valas terjadi tanpa campur tangan pemerintah. “Komunikasi yang jelas untuk kebijakan, termasuk langkah-langkah lebih lanjut untuk bergerak ke arah rezim nilai tukar mengambang, adalah intinya,” kata sumber laporan tersebut. Yuan melemah menjelang masuk ke keranjang Special Drawing Rights IMF.

Transisi negara untuk lebih ketergantungan pada konsumsi domestik dan inovasi akan mengurangi minat untuk mengimpor barang setengah jadi – produk setengah jadi seperti baja yang digunakan dalam membuat mobil – dan rencananya untuk menghentikan kelebihan kapasitas di batubara dan baja akan memiliki “efek yang cukup besar” pada harga komoditas, kata laporan itu. Sebuah transisi “bergelombang atau tidak lengkap” di Tiongkok akan mengambil risiko memperburuk efek negatif, terutama ke negara-negara emerging market, laporan IMF melanjutkan.

Perwakilan dari Bank Tiongkok, Alfred Schipke, mendorong negara untuk lebih meliberalisasi nilai tukar yuan, bertujuan untuk mengambang efektif pada tahun 2018. Dia mengatakan Beijing masih bisa melakukan intervensi untuk melawan volatilitas jangka pendek yang berlebihan. Schipke juga menyerukan hati-hati dalam membuka akun di ibukota Tiongkok. Yuan secara resmi akan menjadi bagian dari mata uang yang mendukung Special Drawing Rights IMF, unit yang menjadi harapan Beijing dapat digunakan untuk menurunkan kekuatan dolar AS.

Status ditingkatkan untuk yuan berarti tanggung jawab yang lebih global untuk Beijing. IMF memperingatkan bahwa dampak situasi dari nilai tukar yuan akan memiliki dampak besar pada harga komoditas dan ekuitas dan mata uang pasar negara berkembang lainnya".

Namun, laporan itu mengatakan spillovers tersebut dibatasi oleh kontrol modal gigih di Cina. Kerapuhan pasar dan regulasi keuangan rezim negara itu terungkap selama krisis saham, tetapi sebuah konferensi keuangan secara luas diharapkan untuk merombak sistem telah tertunda.

Sebuah rencana komprehensif untuk mengatasi kerentanan di sektor keuangan yang dibutuhkan, kata laporan itu. Ini mendesak Beijing untuk merestrukturisasi perusahaan lemah, meminta bank untuk meningkatkan buffer dan mengenali dan mengatasi gangguan aset, keterbatasan anggaran mengeras, mengendalikan bank bayangan dan mengekang lonjakan harga properti.

Pemberi pinjaman global yang juga menyerukan hati-hati terhadap kebijakan proteksionis, mencatat bahwa permusuhan terhadap industri kelebihan produksi Tiongkok bisa memacu negara untuk mendirikan hambatan perdagangan untuk melindungi produsen dalam negeri mereka.