Bank of Japan Ubah Kebijakan Untuk Mencapai Inflasi



( 2016-09-21 08:20:28 )

Bank sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ) mengambil langkah tidak terduga pada pertemuan Rabu (21/9/2016), dengan meluncurkan target suku bunga 10 tahun untuk meningkatkan upaya melawan deflasi.

Jepang merupakan salah satu negara terkemuka yang mengalami masa deflasi paling lama. Negeri Matahari Terbit berjuang keras untuk keluar dari tekanan deflasi selama dua dekade. Deflasi membuat konsumsi domestik menjadi rendah sehingga berdampak buruk bagi pertumbuhan ekonomi.

Menurut Dow Jones, Rabu(21/09/2016), keputusan BoJ menetapkan target suku bunga 10 tahun menyusul review internal Jepang yang selama dua tahun gagal mencapai target inflasi 2%.

BoJ mengatakan akan mulai menargetkan suku bunga 10 tahun, dengan mempertahankan suku bunga minus 0,1% dalam kerangka untuk memicu inflasi. Bertujuan agar bank-bank komersial mendorong lebih banyak pinjaman. BOJ juga mengatakan akan melanjutkan pelonggaran kuantitatif sampai inflasi "melebihi" 2%.

Dewan juga akan membeli obligasi pemerintah untuk jangka panjang guna menjaga imbang hasil obligasi 10 tahun di sekitar level saat ini dari 0%. Melansir Reuters, Rabu (21/9), BoJ akan terus membeli obligasi jangka panjang pemerintah hingga 80 triliun yen (USD781 miliar) per tahun.

Keputusan BoJ pada Rabu ini dilakukan setelah penilaian panjang selama beberapa pekan. Tujuannya untuk menghasilkan inflasi dan mendukung pertumbuhan perekonomian.