Erick Thohir Imbau Pengusaha Lain Ikut Tax Amnesty



( 2016-09-14 09:58:04 )

Pengusaha Nasional Garibaldi Erick Thohir membujuk rekan-rekannya sesama pengusaha yang masih belum melaporkan seluruh aset serta hartanya untuk ikut dalam program pengampunan pajak (tax amnesty). Menurut pria yang kerap dipanggil Boy Thohir ini, keikutsertaan para pengusaha dalam program tersebut sangat penting untuk membantu memperbaiki struktur perpajakan serta ikut membantu memajukan negara.

Boy mengutarakan, harusnya tidak perlu adanya keraguan dari para pengusaha untuk ikut program tax amnesty tersebut. Karena, pemerintah sudah memberikan berbagai macam kemudahan bagi para wajib pajak ini untuk dapat melaporkan harta dan asetnya.

"Saya rasa ini kan memang harus, istilahnya pertama tentu perlu waktu dalam hitung. Saya mengalami, perlu dicek satu-satu. Saya mengajak kepada para pengusaha nasional lain tidak perlu menunggu. Disini ada kesempatan ke-1, ke-2, ke-3. Kalau tidak minggu ini, ya minggu depan. Sehingga dapat menjadi motivasi ke yang lain, tidak perlu menunggu. Nanti toh kurang lebihnya ada kesempatan kedua," tutur Kanwil DJP Jakarta Selatan II, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Menurut Boy, kalau Indonesia bisa menjadi negara yang maju, perusahaan-perusahaan di dalamnya juga akan terus berkembang dan menjadi besar. Tax amnesty menjadi salah satu cara agar negara dapat maju.

"Tidak ada perusahaan besar di dunia yang tidak berasal dari negara maju, jadi negara harus maju dulu. Dari tax amnesty ini kita dapat membantu pengembangan infrastruktur dan mempercepat pembangunan ke depannya. Hal ini supaya kita bisa bersama-sama berkontribusi yang terbaik melalui program pemerintah, program Presiden ini sangat baik‎," ujar dia.

Dan terkait tata cara untuk ikut dalam program tax amnesty, Boy menyampaikan bahwa sejauh ini yang dirasakan cukup‎ sederhana dan tidak menyulitkan. Dirinya juga mengapresiasi kesiapan para petugas yang berada Direktorat Jenderal Pajak dalam menerima para calon pendaftar program pengampunan pajak ini.

‎"Tidak ada (kendala). so far penerimaan oleh Kanwil Pajak juga cukup simple, baik. Waktu isi form A, form B sangat mudah, cuma tinggal kemauan (dari pengusaha). Dan penerimaan sangat baik sekali sebab teman-teman di wilayah Pajak juga mengetahui kita kan mitra mereka, mitra pemerintah dalam pembangunan," pungkas dia.