Merosotnya Pasar Saham Menyebabkan Buffet Rugi Besar



( 2016-09-14 08:26:25 )

Sejak hari Jumat, ambruknya pasar saham global telah menghantam bersih $ 93 miliar dari 400 orang yang memiliki kekayaan terbesar dunia. Sementara itu pada hari Selasa, para Milyarder mengeluarkan $ 37,3 miliar karena saham dan obligasi merosot, dan minyak tenggelam setelah prakiraan Badan Energi Internasional dengan kekenyangan pasokan akan berlanjut sampai dengan tahun depan.

Menurut Indeks, orang kedua terkaya di dunia, pendiri Inditex SA Amancio Ortega, memimpin 400 orang terkaya dengan penurunan sebesar $ 3,3 miliar sejak penurunan dimulai. Microsoft Corp co-founder Bill Gates, orang terkaya di dunia dengan kekayaan $ 87,3 miliar, telah kehilangan $ 2,4 miliar. Pendiri Amazon.com Inc Jeff Bezos, orang terkaya ketiga dunia dengan kekayaan $ 66,2 miliar, telah menumpahkan $ 1,9 miliar. Warren Buffett, yang kekayaannya sebagian besar dari saham Berkshire, telah kehilangan $ 1,6 miliar.

Sementara itu, Warren Buffett telah mendapatkan kerugian sebesar $ 1,4 miliar dari kekayaannya Selasa setelah Wells Fargo & Co jatuh 3,3 persen sebagai dampak lanjutan dari pengungkapan bahwa karyawan bank telah membuka lebih dari 2 juta rekening tanpa persetujuan klien. Berkshire Hathaway Inc, pemegang saham terbesar pemberi pinjaman, turun 2 persen, menyebabkan keberuntungan orang terkaya berusia 86 tahun itu untuk jatuh lebih dari orang lain yang ada di Indeks Bloomberg Billionaires. Investor AS ini adalah orang keempat terkaya di dunia dengan kekayaan bersih $ 65,8 miliar.

Sementara pada hari Selasa, Wells Fargo dikalahkan oleh JPMorgan Chase & Co sebagai bank yang paling berharga di dunia dan telah jatuh 5,9 persen sejak Kamis, ketika Biro Perlindungan Konsumen Keuangan mempublikasikan denda yang berasal dari akun palsu. Penurunan sejak Kamis dibandingkan dengan 2,5 persen jatuh untuk Indeks Standard & Poor 500.