Uang Elektronik RI yang Beredar Tembus 43 Juta Kartu



( 2015-11-20 03:28:43 )

Pada bulan Oktober 2015, Bank Indonesia (BI) melaporkan, terdapat 9 bank yang bertindak sebagai penerbit uang elektronik dan 11 penerbit nonbank. Transaksi dengan uang elektronik pun mencatat capaian yang cukup besar. Hal itu menampilkan kecenderungan masyarakat yang mulai memakai uang elektronik dalam transaksi keuangan. "Saat ini, jumlah uang elektronik yang telah beredar mencapai lebih dari 43 juta instrumen, dengan volume transaksi sebanyak kurang lebih 450 juta transaksi dan nilai nominal sebesar kurang lebih Rp 4,3 triliun."


Bank sentral menganggap capaian tersebut menunjukkan bahwa uang elektronik mulai digunakan oleh masyarakat Indonesia. Penggunaan uang elektronik dalam aktivitas sehari-hari banyak digunakan untuk transaksi yang nilainya relatif kecil seperti pembayaran tol, transportasi, biaya parkir. Guna semakin mengenal sistem pembayaran nontunai sekaligus mencintai mata uang rupiah, BI menyelenggarakan Festival “Cinta Nontunai, Cinta Rupiah”, di FX Sudirman, Jakarta pada 19 sampai 21 November 2015.


BI merangkul perbankan, kegiatan usaha penukaran valuta asing dan perusahaan pengembang inovasi jasa sistem pembayaran untuk bersama-sama memberi edukasi kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini bermaksud mendorong masyarakat untuk menggunakan alat pembayaran nontunai, khususnya uang elektronik.