Selasa Pagi, Dolar AS Peroleh Kekuatan Dari Rivalnya



( 2016-08-30 03:35:59 )

Penutupan perdagangan forex di awal pekan dinihari tadi (30/08) diakhiri dengan dolar AS yang tidak berhasil mendominasi semua mata uang utama, dimana terhadap rival utamanya banyak melemah seperti terhadap euro, yen, aussie dan swissfranc. Pernyataan hawkish beberapa pejabat Fed akhir pekan lalu tidak mampu membuat dollar melanjutkan rallynya, demikian juga data ekonomi yang positif tadi malam.

Para pelaku pasar meninjau kembali komentar Janet Yellen akhir pekan lalu dimana peningkatan suku bunga bisa terjadi bulan depan ataupun bulan berikutnya, dan mengkhawatirkan laporan NFP pekan ini dapat menundanya kembali. Sentimen positif tadi malam datang dari positifnya data ekonomi yang dirilis seperti tingkat pendapatan dan belanja pribadi warga AS naik sejalan dengan perkiraan ekonom di bulan Juli. Departemen Perdagangan melaporkan tingkat pendapatan pribadi naik 0,4 persen pada bulan Juli setelah naik 0,3 persen pada Juni. Demikian juga tingkat pengeluaran pribadi naik 0,3 persen pada buli Juli menyusul kenaikan 0,5 persen pada bulan Juni.

Pada perdagangan hari ini, pergerakan dollar AS dapat memperoleh angin segar jika penggerak fundamental harian rival-rivalnya sesuai dengan yang diperkirakan yaitu mengindikasikan data yang negatif. Karena pada sesi Amerika data fundamental yang ada dapat memberikan sentimen negatif bagi laju diawal sesi Asia pagi ini.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan bergerak kuat setelah awal perdagangan sesi Asia dibuka kuat pada posisi 95.55 dan pagi ini bergerak pada posisi 95.63. Perdagangan sebelumnya dollar melemah tipis dan nyaris flat. Ada data sentimen konsumen berdasarkan survey CB yang akan dirilis malam ini.