Yen Terpantau Melemah Terhadap Dollar AS



( 2016-08-19 02:11:50 )

Perdagangan di sesi Asia Jumat pagi, yen terpantau bergulir melemah terhadap dolar AS usai mengalami penguatan pada sesi sebelumnya saat permintaan greenback menurun karena dampak dari hasil pertemuan kebijakan The Fed. USDJPY menguat 0,4 persen yang diperdagangkan pada level 100.28. Sejak pagi ini pasangan tersebut telah bergerak menyentuh level low di 99.80 dan level high di 100.33.

Yen telah mengalami pelemahan terhadap dollar AS pada Jumat pagi ini ketika greenback tengah memasuki fase koreksi pasca pelemahan yang dialami akibat hasil pertemuan kebijakan The Fed. Dalam hasil pertemuannya tersebut, para pejabat The Fed mengharapkan waktu yang lebih banyak guna menimbang perkembangan ekonomi ke depannya, sehingga mereka mampu memperjelas kapan langkah kenaikan suku bunga lebih lanjut dapat terlaksana.

Umumnya mayoritas anggota The Fed telah menyetujui bahwa sebelum dilakukannya langkah – langkah penghapusan akomodasi kebijakan moneter, mereka harus berbesar hati untuk terus memonitor perkembangan ekonomi dan situasi pasar tenaga kerja.

Sementara minimnya berita fundamental ekonomi yang memiliki pengaruh besar terhadap perdagangan diperkirakan akan membawa pergerakan pasar yang lebih tenang, hal ini baik untuk forex maupun commodity global. Namun, adapun sebuah laporan aktiftas industri Jepang yang direncanakan rilis dihadapan pasar pada pukul 11.30 waktu Jakarta, namun data tersebut hanya memiliki dampak yang kecil terhadap pasar.