Harga Emas Naik Dipengaruhi Pernyataan The Fed



( 2016-07-29 02:43:06 )

Harga emas berjangka mengalami kenaikan di level tertingginya dalam dua pecan ini, kenaikan tersebut didukung oleh pernyataan kebijakan Federal Reserve bahwa investor percaya untuk menunjukkan keengganan bank sentral untuk menaikkan suku terlalu cepat.

Untuk perdagangan emas pengiriman Desember naik US$ 6,70, atau 0,5%, untuk menetap di US$ 1.341.20 per ounce-penutupan tertinggi untuk kontrak teraktif sejak 13 Juli, menurut data FactSet dilansir dari Marketwatch, Jumat (29.07.2016).

Kontrak tersebut juga telah naik di perdagangan elektronik pada hari Rabu karena kebanyakan investor emas melihat Fed sebagai salah satu faktor pemicunya, bahkan jika Fed bakal menaikkan suku bunga kenaikan September.

Untuk beberapa pedagang, pernyataan bank sentral menekankan keengganan untuk mengangkat tarif terlalu cepat, setelah keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa. Ketidakpastian setelah Brexit berpengaruh di emas berjangka.

Pada pernyataan kebijakannya, The Fed berniat untuk kembali menaikan suku bunga pada tahun ini.

"Secara mengejutkan, pasar tidak bereaksi seperti yang diperkirakan," ujar Konsultan Komoditas di INTL FCStone, Edward Meir.

"Kita hanya bisa menduga bahwa nada pernyataan Fed akan membuat pasar percaya bahwa saat suku bunga bergerak, the Fed akan menilai bagaimana ekonomi berpengaruh terhadap langkahnya," lanjutnya.