Pemecatan Rizal Ramli Mengagetkan LIPI



( 2016-07-28 02:28:34 )

Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro dikejutkan atas berita pemecatan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumberdaya Rizal Ramli oleh Presiden Joko Widodo.

“Pencopotan Rizal Ramli dari jabatan Menko Kemaritiman sangat mengejutkan dan di luar dugaan, karena publik tahu Rizal Ramli benar-benar mengaplikasikan dan mendukung penuh apa yang menjadi Program Nawacita, sesuai dengan visi misi Presiden Jokowi,” kata Siti Zuhro di gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (27/07).

Menurut Senior LIPI tersebut, Rizal Ramri akan berani pasang badan untuk menegakkan kebijakan pemerintah yang terganjal. Dalam posisi saat ini, menurutnya, diperlukan menteri yang berani melawan kebijakan yang dinilai berpihak pada kepentingan golongan atas daripada kepentingan rakyat, seperti rencana reklamasi pantai utara Jakarta yang merupakan proyek swasta. “Rizal selama ini dikenal tegas menolak reklamasi pantai utara Jakarta,” tuturnya lagi.

Siti Zuhro menambahkan, Rizal juga sering melontarkan pernyataan yang bertentangan dengan kebijakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, terkait peran pihak swasta dalam proyek reklamasi di pantai utara Jakarta. Bahkan, sempat terjadi perdebatan antara Rizal Ramli dan Ahok setelah Rizal mengakhiri secara permanen reklamasi pulau G yang dikerjakan oleh PT Agung Podomoro, lanjutnya.