Wakil Ketua DPR Soroti Menteri Sektor Ekonomi Pada Reshuffle



( 2016-07-14 07:08:35 )

Fadli Zon selaku Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Gerindra, menganjurkan agar Presiden Joko Widodo mengevaluasi tentang kinerja menterinya terpaut kepuasan di tingkat masyarakat. Ia menegaskan bahwa yang sesungguhnya diharapkan masyarakat adalah Menteri pada sektor ekonomi. “Presiden harus memiliki tim yang betul-betul kuat orang yang terbaik di antara yang terbaik,” tutur Fadli, Rabu (13/07).

Dirinya juga tidak mempermasalahkan apabila menteri yang menangani ekonomi berasal dari partai politik, terpenting partai politik pendukung. “Kalau parpol pendukung pemerintah mampu mengurus ekonomi, apa salahnya dikasih posisi. Pastinya carilah dari parpol pendukung pemerintah adalah orang-orang terbaik, bukan lantas disodorkan orang yang baru belajar,” tandasnya.

Dorongan perputaran dari beberapa kelompok yaitu menteri non parpol dibawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, yakni Menteri Perdagangan, Pertanian, BUMN.

Kini formasi kabinet kerja pemerintahan Presiden Jokowi diisi 20 orang non parpol dan 14 orang dari parpol pendukung. Percakapan perubahan menteri dikaitkan dengan masuknya parpol pendukung pemerintah yang belakangan bergabung, yakni PAN dan Golkar.